Laman

Sabtu, 03 Juli 2010

Mengetahui Sesuatu


ILMU atau SAINS … ?
Pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah yang umum.

Pengetahuan yang sudah dicoba dan diatur menurut urutan dan arti serta menyeluruh dan sistematis.


INGIN TAHU …
Ilmu lahir karena manusia diberkahi Tuhan suatu sifat INGIN TAHU.

Keingintahuan seseorang terhadap permasalahan di sekelilingnya dapat menjurus kepada keingintahuan ilmiah.


PENELITIAN (RESEARCH) … ?
re (=kembali) dan to search (=mencari) research atau riset adalah mencari kembali
Usaha untuk mengetahui sesuatu.
Usaha untuk mencari tahu jawaban atas suatu atau beberapa permasalahan.
Cara mencari tahu … ?
Telah dikenal dua cara yang pernah digunakan oleh para ahli dalam upaya untuk mencari tahu sesuatu pengetahuan yang baru yaitu :
1). Cara atau pendekatan RASIONAL.

2). Cara atau pendekatan EMPIRIS.


PENDEKATAN RASIONAL
Suatu cara untuk mencari tahu sesuatu pengetahuan yang baru dengan anggapan bahwa segala sesuatu yang ingin diketahui itu ada di dalam pikiran manusia (internal wisdom).

Pengetahuan dimulai dari suatu gagasan atau pikiran yang didasarkan atas kebijaksanaan yang dimiliki seseorang.


R A S I O N A L . . .
Pendekatan rasional digunakan pada waktu yang lalu dan salah seorang yang menggunakan pendekatan ini adalah Aristotle, walaupun bukan dia yang memulainya. Kemudian pendekatan ini dianggap tidak layak dan disanggah oleh beberapa ahli pada waktu itu. Diantara para ahli yang memulai mengeritik pendekatan ini adalah Francis Bacon.

I L U S T R A S I oleh Mees
Di tahun 1432, timbul pertengkaran diantara para tua-tua tentang jumlah gigi yang ada di mulut seekor kuda. Selama 13 hari pertengkaran terus berlangsung tanpa jalan keluar. .... Pada hari ke-14, seorang anak muda yang memiliki maksud yang baik dan polos bertanya.. . untuk membuka mulut seekor kuda dan mencari tahu jawaban atas -pertanyaan mereka. ... tangkap dia oleh karena, kata mereka, pasti setan telah menggodai orang baru yang berani ini untuk menyatakan cara yang tidak suci dan tidak pernah didengar untuk mencari tahu kebenaran yang berlawanan dengan ajaran-ajaran para pendahulu.
Ilustrasi Gigi Kuda …?

Ilustrasi ini menunjukkan ketidakmampuan pendekatan rasional untuk memecahkan permasalahan atau untuk mencari tahu sesuatu menyangkut berapa jumlah gigi yang ada di mulut seekor kuda. Berapa jumlah gigi kuda tidak bisa ditemui pada pikiran ataupun gagasan. Cara yang terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan membuka mulut kuda dan menghitung berapa jumlah gigi kuda tersebut dan bukan dengan berfikir.


PENDEKATAN EMPIRIS
Pengetahuan diperoleh dari hasil pengamatan terhadap fenomena yang terjadi (external process). Jawaban atas suatu permasalahan ada pada obyek di mana masalah tersebut berada dan bukan di dalam pikiran seseorang. Apa yang harus kita lakukan adalah mengamati apa yang terjadi dan membuat kesimpulan. Seperti contoh pada ilustrasi "gigi kuda", cara yang terbaik adalah mengamati. Buka mulut kuda dan amati (dengan cara menghitung) maka permasalahan berapa jumlah gigi kuda tersebut akan segera terjawab.

E M P I R I S . . .

Menurut pendekatan empiris, pengetahuan didasarkan atas fakta-fakta yang diperoleh dari hasil penelitian dan observasi.

Salah satu bagian dari pendekatan empiris adalah METODE ILMIAH.

METODE ILMIAH (SCIENTIFIC METHOD)
Suatu cara memperoleh pengetahuan yang baru atau suatu cara untuk menjawab permasalahan-permasalahan penelitian yang dilakukan secara ilmiah.

Suatu pendekatan untuk mencari tahu sesuatu dikatakan ilmiah apabila pendekatan tersebut mengikuti langkah-langkah metode ilmiah.


Langkah-langkah Metode Ilmiah…
Secara umum metode ilmiah dimulai dengan mengidentifikasikan masalah. Setelah masalah teridentifikasikan langkah berikutnya adalah merumuskan hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara atas permasalahan penelitian yang kebenarannya masih perlu diuji. Kebenaran atas hipotesis ini perlu diuji dengan cara mengumpulkan data dari fenomena yang diteliti kemudian dianalisis. Berdasarkan analisis atas data tersebut, kesimpulan dibuat apakah akan menerima atau menolak hipotesis.

4 komentar: