Laman

Minggu, 01 Agustus 2010

STRATEGI MENENTUKAN PILIHAN KARIR

Hidup ini memang penuh dengan aneka pilihan. Tetapi menentukan atau memilih karir bukanlah keputusan yang main-main. Memilih karir tidak sama dengan memilih barang yang ingin anda beli. Memilih karir adalah salah satu keputusan yang paling penting dalam kehidupan anda. Anda harus teliti, cermat dan konsisten, Sekali anda salah pilih maka anda akan menyesal berkepanjangan.

 

Sehubungan dengan hal itu, staf profesional dan pengajar Manajemen (MM) Pusat pengembangan manajemen (PPM) Ningky Munir dalam meilih karir anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek agar menemukan karir yang tepat.

 

Bebepara tips dalam menentukan karir :

 1. Evaluasi kekuatan dan kelemahan diri,

     Dlm menentukan karir awali dengan mengkaji kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Coba tanyakan pada diri sendiri. “Apa kelebihan dan kekurangan yang saya miliki? Apa yang ingin saya kerjakan, dan pekerjaan apa yang ingin saya hindari ? Dalam lingkungan seperti saya ingin bekerja ? Tingkat ekonomi seperti apa yang ingin saya capai ? Dsb. Kemudian jawablah pertanyaan tsb kemudian anda akan menemukan karir apa yang anda inginkan.

 

2. Pilih Karir yang sesuai dengan gaya hidup  yang anda idamkan

Sampai saat ini uang masih menjadi pertimbangan dominan dalam memilih karir. Untuk itu tentukan ditingkat mana anda ingin hidup, berapa penghasilan yg anda inginkan. Hal ini akan membantu anda dalam memnentukan pilihan karir. Paling tidak kalau anda ingin kaya raya anda tidak bisa memilih profesi yang idealis seperti ilmuwan, guru dll, Mungkin pilihan menjadi pengusaha bisa anda pertimbangkan

 

3. Kaji trend karir dari berbagai media informasi

Pekerjaan yang anda inginkan. Pikirkan mana yg sekiranya sesuai dg bidang dan kelebihan anda, tujuan hidup anda.Kaji peluanghnya di masa mendatang mana yg prospeknya cerah dan mana yang tidak

 

4. Konsultasikan dg mereka yang pengalaman/ahli

Kalau anda masih bingung menentukan karir, bicarakan masalah  anda  dg orang-orang yang ahli dibidangnya, Konsultasikan minat, bakat dan cita-cita anda dg ahli karir. Bisa juga mendiskusikan dg keluarga, teman, mungkin dosen anda, Paling tidak mereka akan membrikan saran dan nasehat. Kira2 bidang apa myang sesuai dengan anda. Atau bisa juga anda diskusikan di forum internet.

 

5. Kunjungi Perusahaan yg anda incar

Jangan malu untuk mendatangi perusahaan dimana anda ingin sekali menjadi karyawannya. Usahakan untuk mendapat kenalan dg orang yg bekerja dibidang/posisi yang anda inginkan. Dengan demikian anda bisa mendapatkan informasi jika ada peluang yg ditawarkan. Kalau anda masih kuliah, ushakan bisa kerja praktik (Prakerin) di perusahaan tsb, Bisa juga anda magang di perusahaan tsb.

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN:

 

a. Kesehatan Tubuh :

     1. Makan makanan yang bergizi

      2. Olahraga

      3. Istirahat yang cukup

b. Perwatan anggota Tubuh :

    1. Perawatan Rambut

     2. Perawatan mata

     3. Perawatan gigi

     4. Perawatan Wajah/muka

     5. Perawatan kulit

     6. Tangan & Kaki

     7. Napas tidak sedap-dan bau badan

     8. Kuku

     9. dll

 

6. Konsisten dalam pilihan karir.

Konsisten memang diperlukan jika anda ingin suskses.Jika anda ingin jadi penulis, maka pelajari, dan tekuni terus bidang tsb,Begitu juga jika ingi menjadi musisi, atau pengusaha. Ingat, konsistensi  akan memudahkan anda dalam meraih apa yang anda cita-citakan. Jangan pernah menyerah, atau putus asa

 

7. Jangan Takut beralih karir

Meski anda konsiosten dg karir yang anda pilih, tidak menutup kemungkinan jika suatu waktu anda beralih karir. Karena tidak ada seorangpun yang dapat meramalkan masa depan. Dalam perjalanan karir anda mungkin saja akan menghadapi berbagai kendala yang menyebebakan anda “Harus Banting Setir”, Misal karena kondisi ekonomi, perubahan visi dan pandangan pribadi, atau tidak puas dg karir yg sudah digeluti, maka  anda harus berani ambil resiko untuk beralih karir, INGAT, semakin cepat anda menentukan karir akan semakin bagus, Mumpung masih muda dan fresh

 

8. Selalu Berpikir Bisa

Bila anda berniat melakukan sesuatu dan anda yakin bisa melakukannya maka andapun pasti bisa, Sebab dg keyakina tsb maka anda akan tersugesti untuk melakukan sesuatu demi keberhasilan anda.

 

Kendala  ketika melamar pekerjaan

  •   Maaf lamaran sudah ditutup !
  •    Maaf sementara tidak ada lowongan kerja!
  •   Jangan merekrut karyawan, perusahaan ini malah akan mengurangi jumlah karyawan!

Statement diatas: bak Tombak yg menghujam pada para pelamar, jika si pelamar tidak punya keyakinan yang kuat

 

9. Spontanitas

Siapa cepat dia kana berpeluang untuk mendapatkannya.Ibarat seorang kiper dlm pertandingan sepak bola ia akan meloncat kekanan-kekiri sesuai dg keinginan sendiri dlm usaha untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan, ia tidak lagi hatus menunggu instruksi dari kapten kesebelasan/pelatihnya, sebab itu akan membuat dia terlambat untuk bereaksi. Oleh sebab itu dlm posisi seperti ini sorang kiper harus bergerak dg spontanitas dan menjemput bola.

Demikian juga dalam mencari pekerjaan. Sebab suatu penawaran/lowongan kerja sering datang secara tiba-tiba baik secara lisan/tulisan, maupun lewat media elektronik dan kadang jangka waktunya sangat mepet, shg seringkali kita kelabakan, belum siap fotonya, lampiran2, berkas2 lain shg akan muncul persepsi dan menyalahkan pihak lain. Kenapa sih informasi itu kok mendadak? Kok tidak dari kemarin-kemarin ? Dst.

 

10.Selalu siap dengan ide (kreatif dan Inovatif)

Jiwa kreatif-inovatif akan membuat pencari kerja tidak statis tetapi  malh membuat lebih dinamis, Ia selalu memcari peluang baru dan tidak akan pernah berhenti menciptakan peluang. Mereka akan menjadi jeli dan kritis dalam mengurai-menciptakan peluang, shg bisa menimbulkan semangat baru. Mereka memiliki ide kreatif sbb (contoh; )

      *  Bagaiimana cara mengirim lamaran kerja yang effektif ?

      * Bagaimana cara agar surat lamaran yang saya kirim mendapat perhatian?

      * Bagaimana agar surat lamaran saya menarik minat baca mereka ? Dsb.

 

“TIDAK ADA SUKSES YANG DATANG DENGAN CUMA-CUMA TANPA PENGORBANAN DAN KERJA KERAS”

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar